as plan – as built

23 01 2012

kebetulan latar belakang pendidikan saya adalah civil engineer for road and bridge, saya ingin bercerita sedikit mengenai jalan tol di Indonesia. menariknya kota tidaklah lepas dari sistem jaringan jalan yang efisien dan artistik. peran ini berada pada orang yang ahli dalam planologi, akan tetapi seringkali planing tata kota sudah terlalu kompleks untuk kemudian di tata sesuai planning.

tentu dalam planing ini, jaringan jalan perlu juga di perhatikan, dan hal ini tidaklah mudah mengingat banyak aspek yang terkait, maka diperlukan sekali perancangan yang matang. dalam perancangan yang paling berperan adalah manajemen, dan selalu seperti itu bahwa technical harus based on manajemen. artinya apa? boleh saja proyek jalan di lakukan asalkan manajemen pengaturan lalu lintasnya harus benar isu seperti ini baru bisa dilakukan pada kondisi kota yang sudah jenuh (baca:macet).

seringkali as-plan tidak sesuai dengan as-built  maka sering juga dilakukan addendum, mengapa bisa terjadi? tentu saja bisa, banyak faktor yang meskipun sudah di-identifikasi namun pada kenyataannya semua hal itu uncertainty. semua hal itu tergantung pada hal yang lain, tidak ada yang berdiri sendiri. maka dalam pekerjaan konstruksi saja bisa berdampak pada sosial-budaya, lingkungan, ekonomi dan lainnya.

Operator terbesar Jalan Tol di Indonesia saat ini (2012) adalah BUMN yaitu PT Jasa Marga yang hampir mengelola >70% dari jalan tol yang ada di Indonesia. wilayah yang sudah mempunyai Jalan Tol di Indonesia yaitu : Sumatera Utara (Belawan – Medan – Tanjung Morawa), Jawa ( JORR, JIRR, BORR, Jakarta -Tangerang, Tangerang- Merak, Jakarta-Cikampek, Jakarta-Bogor -Ciawi, Cikampek-Purwakarta- Padalarang -Cilenyi,  (Cirebon-Brebes) Palimanan-Kanci-Pejagan, Semarang Lingkar, Semarang Solo, Surabaya – Mojokerto), Sulawesi Selatan (Ujung Pandang), dan  saat ini masih banyak yang sedang dalam tahap pembangunannya terutama di Pulau Jawa dengan adanya rencana Toll Road Trans Jawa.

 


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




James's Files

My notes as a civil engineer

Juang's Blog

Hubungan diatara dua pristiwa.

Gouw - Senior Geotechnical Consultant

Geotechnical Engineering Practices (Indonesia)

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

benusaganiblog

Just another WordPress.com site

%d bloggers like this: