menemukan siapa diri ini

21 02 2012

setiap orang saya rasa hampir pernah mempertanyakan diri sendiri, mempertanyakan diri sendiri mencakup pengertian tentang kehidupan, kemampuan, dan semangat hidupnya. entah pada usia berapa orang akan mampu menemukan jiwanya, dimana seorang itu merasa utuh sebagai manusia, dan menemukan semangat hidupnya. tidak sedikit orang yang sudah mencapai usia senja belum juga menemukan jati dirinya. banyak juga yang mengatakan bahwa semakin mencari justru semakin menjauh.

dan sedikit orang yang bisa menyadari diri sendiri, dalam pemahaman saya setiap orang yang mampu mengukur dirinya mengerti dirinya dan memahami dirinya tidak akan bergantung pada orang lain, melakukan apapun saja bukan karena paksaan, tetapi karena inner power nya. lalu apa latar belakang seseorang mulai mencari jati dirinya? saat kehidupan yang dialaminya begitu membosankan, dan mungkin lingkungannya tidak begitu nyaman bagi dia maka dia mencari apa yang bisa membuatnya nyaman.

dalam keadaan senang sulit untuk bisa merenungkan tentang jati diri, jati diri hanya untuk mereka yang kesepian, mereka yang bosan, dan mereka yang merasa tersisihkan. penemuan jati diri seringkali berujung pembuktian diri, setidaknya itu yang saya perhatikan. mungkin kita juga harus mengakui dosa dan kebodohan kita, bahwa yang bersalah bukan hanya mereka, bahwa yang melakukan dosa bukan hanya ia, tapi juga kita.

pandangan hidup sesorang bukanlah hal yang remeh, dari pegangan yang kita pakai dan percayai semua tindakan kita bermula. lalu pegangan seperti apa yang perlu kita pegang dan percayai? inilah yang sering dimaksudkan dengan ideologi hidup dan agama, seringkali bahasan seperti ini menyinggung kembali soal-soal klasik. kepercayaan dan ideologi, saya mungkin termasuk orang yang belum menemukan jati diri dan juga kepercayaan serta ideologi.

dalam perhatian saya, sudah menjadi hasrat manusia untuk menjadi paling berkuasa di lingkungannya, kita ingin eksis, namun apakh itu juga yang menjadi hasrat manusia sejati. itupun kalau manusia sejati ada.

 


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




James's Files

My notes as a civil engineer

Juang's Blog

Hubungan diatara dua pristiwa.

Gouw - Senior Geotechnical Consultant

Geotechnical Engineering Practices (Indonesia)

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

benusaganiblog

Just another WordPress.com site

%d bloggers like this: