methods of evaluating axial load capacity of piles

28 02 2013

sebetulnya agak kurang yakin juga menuliskan judul diatas, pertama karena keilmuan saya di geoteknik belum mumpuni bahkan masih sangat minim, namun agaknya arah saya mulai menjurus kesana.

berbicara geotechnical engineering tidak seperti yang saya pikirkan sebelumnya, karena sebelumnya belum banyak terjun kedalamnya maka pengetahuan saya ya sekedarnya saja. tetapi begitu saya mulai masuk dan menekuninya ya agak stress juga, banyak teori dasar yang sama sekali belum pernah saya pelajari.

dari situ saya mulai mencoba menekuni satu persatu mengenai apa yang harusnya saya pelajari, target saya dalam 3 bulan pertama di tempat baru ini : 1. menguasai perhitungan axial loading test dan analisanya baik cara : dynamic load test, static load test, dan analysis based on soil test.

dynamic method diantaranya : pile driving formula (janbu, hiley), wave equation, case method, dan CAPWAP

static method diantaranya : controlled stress test, dan controlled strain test

analysis soil test diantaranya : based on soil properties dan based on in-situ test

untuk analysis based on soil test masih banyak lagi method nya untuk soil properties ada : cohesionless soil (end bearing ; vertic/kulhawy, coyle and castello dan skin friction; gerald, beta method, coyle and castello), cohesive soil (end bearing dan skin friction; beta method, alfa method, dan lamda method), dan rock,

untuk based on in-situ test ada : SPT (end bearing, skin friction ; meyerhof, briaud) dan CPT (end bearing ; dutch, LCPC, skin friction ; Nothingham and Schmertmann, LCPC)

ada banyak cara, kalau ada pertanyaan mana yang lebih mendekati aktual hasilnya : mungkin sebagian geotechnical engineer mengatakan static loading test adalah cara yang ampuh namun membutuhkan biaya yang cukup besar, sekalipun membutuhkan biaya yang cukup besar static loading test juga kerap kali pembacaan dial gauge tidak maksimal karena seringkali human error atau boleh jadi karena faktor lainnya.

 

 


Actions

Information

One response

18 03 2015
Arland Asra

untuk pengetesan PDA,PIT,LOADING TEST dan sondir silahkan hubungi di 085274736467 (ARLAND), HARGA BISA DI NEGO. kami melayani dimanapun anda berada.

Leave a Reply

James's Files

My notes as a civil engineer

Juang's Blog

Hubungan diatara dua pristiwa.

Gouw - Senior Geotechnical Consultant

Geotechnical Engineering Practices (Indonesia)

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

benusaganiblog

Just another WordPress.com site

