Test Pile Instrumented

20 06 2013

Test Pile Instrumented bisa diartikan sebagai uji tiang loading test dengan mengkombinasikan dengan instrumentasi strain gages dan tell tale rod extensometer atau mungkin bisa dengan instrumentasi yang lain (O-Cell, Settlement Sensor dlsb).

Pengenalan uji tiang loading test, loading test tiang merupakan uji pembebanan tiang untuk mengetahui kapasitas dukung tiang yang sebenarnya  baik tekan, tarik maupun lateral, hal ini diperlukan guna mengkalibrasi dari kapasitas desain. umumnya jumlah tiang uji yang diwajibkan di lakukan pengetesan di DKI Jakarta (TPKB) adalah 1% dari jumlah tiang dimana 25% dari 1% tadi bisa dikombinasikan dengan uji dinamis (PDA). dimana uji tekan dilakukan sampai dengan pembebanan 200-250 % dari beban rencana.

Uji pembebanan tiang untuk axial tekan ada beberapa metode pembebannya diantaranya sistem kentledge (ASTM 1143-81), ada juga dengan sistem reaction (tarik melawan tekan). metode pembebanan tersebut masing -masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Selain uji pembebanan tiang axial tekan ada juga uji untuk tarik (tensile) (ASTM-D3689 – 07), dan juga uji pembebanan lateral (arah horizontal terhadap tiang mengacu pada ASTM D3966 – 07). untuk pembebanan loading test sistem kentledge yaitu pembebanan menggunakan beban bisa dari blok beton/H-Beam/tiang pancang, prinsipnya beban yang bisa di hitung beratnya dan aman bila digunakan sebagai beban pada uji beban tiang.

berikut ini gambar uji pembebanan tiang,

(Gambar 1. Uji Pembebanan Tiang Tekan Sistem Kentledge)

(Gambar 2. Uji Pembebanan Tiang Tekan Sistem Reaction)

(Gambar 3. Uji Pembebanan  Tiang Tarik)

(Gambar  4. Uji Pembebanan Tiang Lateral)

Sementara untuk Instrumentasi yang biasanya ditambahkan pada Test Pile, baik itu Strain Gages, Tell-tale extensometers, tujuannya adalah sebagai berikut :

– Strain Gages atau sering dikenal dengan VWSG (Vibrating Wire Strain Gages) merupakan instrumentasi yang dipasangkan pada tiang uji dengan tujuan untuk utama mengukur regangan (strain) selain itu juga untuk mengetahui besarnya Load Transfer (transfer beban) pada tiap kedalaman tiang yang telah ditentukan oleh konsultan geoteknik. prinsipnya VWSG adalah Hukum Hooke tentang modulus elastisitas, dimana E = tegangan(P/A)/regangan(delta L/L). dimana Strain Gages ini mengukur besarnya regangan pada kedalaman tertentu di tiang uji, dari situ dengan diketahuinya besarnya regangan, luas penampang tiang, dan modulus elastisitas tiang (umunya beton), dari variable yang diketahui itu kita bisa mencari besarnya beban (P) melalui persamaan dari Hukum Hooke itu, sebelum mengetahui besarnya beban kita perlu mencari parameter modulus elastisitas tiang pada level strain gages yang telah dipasang sebelumnya karena besarnya modulus elastisitas beton adalah tidak selalu tetap seperti material baja.

– Tell-tale rod extensometers merupakan instrumentasi berupa stainless pipe berukuran sekitar 5-10 mm, yang bertujuan untuk mengukur besarnya penurunan pada tiang uji, biasanya ditempatkan di COL tiang dan di ujung tiang uji. umumnya penurunan yang terjadi pada tiang uji pembebanan adalah tidak sama di setiap level, artinya misalkan dari dial gages top pile pada saat di lakukan ujibeban, penurunan terbesar 20 mm, itu belum tentu penurunan di ujung tiang (Tip Pile) adalah sama 20 mm, tujuan pemasangan tell-tales rod extensometer ini untuk mengukur perbedaan penurunan tersebut dan mengkalibrasi penurunan di kepala tiang uji.

tujuan dari instrumentasi tersebut adalah untuk memastikan hasil analisa desain tiang tersebut, dari hasil test pile dengan instrumentasi bisa didapatkan informasi yang sangat berguna bagi perencana, sehingga bisa memungkinkan juga untuk di lakukan optimasi bila memang hasil dari test pile instrumented adalah over design.

(gambar menyusul)

-Cimone

M.A.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




James's Files

My notes as a civil engineer

Juang's Blog

Hubungan diatara dua pristiwa.

Gouw - Senior Geotechnical Consultant

Geotechnical Engineering Practices (Indonesia)

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

benusaganiblog

Just another WordPress.com site

%d bloggers like this: