drained and undrained condition (2)

18 11 2013

barusan buka-buka forum geoteknik di  kaskus, lumayan ada buat referensi tentang drained and undrained juga, sebelumnya pernah posting juga namun mungkin belum terlalu jelas, yang disini

Original Posted By fortune.lucky 
Mau tanya lagi gan, apa sih kriteria penentuan kita memakai kondisi drained (effective stress) dan kondisi undrained (total stress), trus dari dua kondisi itu mana sih yang lebih kritis, artinya apakah jika suatu kondisi bisa dilakukan dengan kondisi drained dan undrained? mana yang hasilnya lebih konservatif?

trus mengenai kalo di dalam analisa slope stability, pakai metode phi-c, itu bagaimana cara menurunkan parameternya jika tanah yang kita punya itu clay atau sand ? dimana clay kan gak punya phi dan sand gak punya c, sementara yang punya phi-c kan silt/lanau?, ane belum ngerti cara penggunaaan parameternya euy, mohon dibantu ya para suhu??

Jawaban by Martin Wijaya,
Undrained itu kondisi kalo pore water pressure butuh waktu lama bwt dissipate.. biasanya terjadi pada tanah clay karena permeabilitasnya rendah. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kondisinya bakal berubah jd drained krn akhirnya pore-water pressure bakal dissipate in the long term.

Sedangkan untuk tanah sand, krn permeabilitasnya tinggi, kalo di bebanin, pore-water pressure bakal langsung dissipate. Alhasil, kondisinya otomatis drained.

Kalo untuk amanan yang mana, tergantung kasusnya. Bs pake stress path buat ngecek. Namun hrs disesuaikan ama kebutuhan. Misalkan paling gampang di excavation, kalo kasus excavation di clay, drained condition bakal lebih bahaya (karena pada saat kondisi drain terjadi, ada heave). Oleh krn itu, excavation aman di awal (undrained condition), tp bs roboh kalo udah lama. Cm, biasanya excavation itu cm untuk waktu yang singkat, jd bs pake undrained analysis krn kalo pake drain analysis bakal terlalu conservative. jd harus disesuaikan ama kebutuhan dan jenis tanahnya. Kalo tanahnya sand dng permeabilitas tinggi, undrained analysis otomatis gk cocok krn kondisinya drain.

mudah-mudahan menambah pemahaman tentang kondisi drained and undrained soil condition ya…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




James's Files

My notes as a civil engineer

Juang's Blog

Hubungan diatara dua pristiwa.

Gouw - Senior Geotechnical Consultant

Geotechnical Engineering Practices (Indonesia)

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

benusaganiblog

Just another WordPress.com site

%d bloggers like this: