lenturlah

4 01 2014

hari ini saya begitu mendapat banyak pelajaran, sehingga saya begitu beruntung diperkenalkan dengan orang-orang yang baik, mau mendengarkan setiap cerita. pelajaran yang saya dapat, banyak orang yang ingin merubah dunia namun tidak mampu merubah dirinya. termasuk saya. saya yang merasa apa adanya ternyata justru berkebalikan malahan tidak apa adanya, pengertian semacam ini memang cukup susah-susah mudah.

barangkali selama ini saya selalu taqlid buta, terlalu gampang percaya dan terlalu gampang tidak percaya. untuk bisa masuk medan apapun kita harus memiliki informasi tentangnya. dan terakhir kita tidak perlu menjadi siapa-siapa kecuali diri kita sendiri, dan ini tidak mudah kita perlu jujur terhadap diri sendiri.

hari ini juga belajar, jika masuk didalam kandang macan, kalau belum mampu jadi pawang, jadilah macan-nya, atau bahkan jadilah kandang-nya. jika dalam bidak permainan catur kita kenal ada pion, kuda, gajah, benteng, menteri dan raja. kita harus tahu dan kenal betul apakah kita ini pion, kuda, gajah, benteng atau bahkan menteri kalau raja kayanya masih jauh. pion yang baik tidak harus promosi untuk jadi yang level-nya diatas itu. pion hanya perlu bermain sebaik-baiknya pion. kalau kita kuda jangan coba jadi gajah, begitu pun kalau diperankan jadi gajah jadilah gajah jangan membesarkan peran menjadi menteri ataupun mengecilkan peran menjadi pion.

mudah-mudahan Tuhan memberikan kemampuan kepada saya dan pembaca (bila ada) untuk mengenal betul apa peran saya, sehingga saya bisa berperan dengan sebaik-baiknya tanpa mengecilkan peran ataupun membesarkannya. Aaaminn..


Actions

Information

Leave a Reply

James's Files

My notes as a civil engineer

Juang's Blog

Hubungan diatara dua pristiwa.

Gouw - Senior Geotechnical Consultant

Geotechnical Engineering Practices (Indonesia)

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

benusaganiblog

Just another WordPress.com site

