Buya HAMKA (1)

3 09 2015

bismillahirahmanirrahim,

akhir-akhir ini sedang suka baca buku-nya HAMKA, seperti pelajaran agama islam kemudian tasauf modern-nya juga tidak kalah menariknya. terkadang kita baru tertarik kepada pribadi seseorang setelah melihat atau membaca karya-nya. setelah saya terkesan dengan bacaan dengan penulisnya Buya HAMKA, lalu sedikit demi sedikit saya baca juga biografi-nya.

saya banyak kagum dengan tulisan dan karya-nya Buya HAMKA, maka sangat pantaslah bila beliau sering disebut sebagai ulama besar Indonesia dan telah di-gelari pahlawan nasional. banyak bacaan saya yang sebelum-nya tidak terkait dengan Buya HAMKA namun saya bertemu dengan banyak hal yang sebelumnya itu dari bacaan dengan Buya HAMKA, diantaranya adalah seperti hubungan Pramoedya Ananta Toer dengan HAMKA sendiri.

dari bacaan karya Buya HAMKA juga saya tertarik lagi untuk membaca karya Imam Ghazali, Imam Syafi’i, Imam Ali bin Abi Thalib hingga sampai kepada Nabi Muhammad SAW. banyak pemahaman saya selama ini yang telah saya anggap benar sebelumnya berubah seperti hal-nya toleransi dalam beragama dan adab-nya.

amal tanpa ilmu boleh diartikan melakukan sesuatu pekerjaan tanpa adanya pengetahuan yang cukup tentang hal itu tentu akan timbul ketidakyakinan, yang ada hanya asumsi. tentu dalam banyak hal kita semua merasakan itu, mungkin ada yang mengatakan ilmu itu datang-nya tidak harus sebelum amal, terkadang ilmu datang setelah kita melakukan amal.

robbi zidni ‘ilma warzuqni fahma..


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




James's Files

My notes as a civil engineer

Juang's Blog

Hubungan diatara dua pristiwa.

Gouw - Senior Geotechnical Consultant

Geotechnical Engineering Practices (Indonesia)

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

benusaganiblog

Just another WordPress.com site

%d bloggers like this: